Salah Rujukan, DPR Kembalikan Surat Presiden

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah melakukan lobi antarfraksi selama lebih kurang satu jam, DPR memutuskan untuk mengembalikan surat Presiden Nomor RI-61/Pres/12/2009 tanggal 11 Desember 2009.

Surat tersebut berisi permintaan pemerintah agar dibahas RUU mengenai Perppu Jaring Pengaman Sistem Keuangan (JPSK). Ketua DPR Marzuki Alie mengatakan, pengembalian surat itu karena alasan salah rujukan yang dimuat Presiden dalam suratnya.

“Rupanya surat Presiden ke DPR ada kekeliruan dalam rujukannya. Rujukan (yang digunakan) ke paripurna 30 September tentang penolakan DPR. Padahal, dalam paripurna 30 September tidak ada agenda penolakan tersebut,” kata Marzuki dalam rapat paripurna, Selasa (12/1/2010) di Gedung MPR/DPR, Senayan.

Ini memalukan. Periode lalu, dua kali Presiden membuat surat yang salah

Oleh karena itu, hasil lobi menyepakati surat tersebut dikembalikan kepada Presiden. Namun, DPR tidak mempermasalahkan substansi surat itu. “Hanya karena rujukannya yang keliru, maka kami kembalikan. Kalau bicara substansi, di Bamus,” ujarnya.

Namun, keputusan tersebut dipertanyakan anggota Fraksi PDI-P, Maruarar Sirait. Menurut dia, tak bisa semata-mata karena alasan teknis salah rujukan.

“Harus ada sikap DPR terkait substansinya juga. Dari tadi yang kita perdebatkan substansi. Kalau hanya urusan teknis, nanti bisa saja dikirimkan kembali ke DPR. Dan kita harus siap dengan perdebatan soal substansi ke depannya,” kata Maruarar.

Anggota DPR lainnya, Panda Nababan, meminta DPR mengingatkan Presiden karena kekeliruan dalam surat yang dikirimkan kepada DPR sebelumnya sudah pernah terjadi.

“Ini memalukan. Periode lalu, dua kali Presiden membuat surat yang salah. Pertama soal hakim agung di Mahkamah Agung. Kedua soal UU Pajak. Kekeliruan Presiden ini harus diperbaiki. Siapa yang menyampaikan konsep sehingga Presiden menandatangani surat itu. Ke depannya jangan sampai terjadi lagi,” ujar politisi senior PDI-P ini.

Sumber : Kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s