20 Ribu Massa Ikut Aksi 28 Januari

JAKARTA – Dukungan jelang aksi massa dari berbagai elemen masyarakat dan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Indonesia Bersih (GIB) pada hari Kamis, 28 Januari, terus bertambah. Sekjen DPP Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, Ton Abdillah Has sekaligus koordinator lapangan (Korlap) aksi GIB, Rabu (27/1) menjelaskan, 10 organisasi mahasiswa, pemuda dan rakyat sudah menyatakan bergabung dengan aksi GIB nanti.

“Diantaranya BEM Nusantara, Serikat Pekerja Nasional (SPN), dan Keluarga Besar (KB) Universitas Bung Karno, sehingga secara signifikan menambah jumlah peserta aksi yang awalnya diperkirakan sekitar 10 ribu massa. GIB berkeyakinan jumlah tersebut dapat mencapai lebih dari 20 ribu orang pada saat aksi berlangsung,” ujarnya.

Kuatnya dukungan ini, Ton menjelaskan, merupakan bukti ketidakpuasan rakyat atas kegagalan pemerintah, baik dalam aspek ekonomi, politik dan hukum, khususnya skandal bailout Bank Century dan pemberlakuan CAFTA (China Asean Free Trade Agreement).

“Mosi tidak percaya terhadap pemerintahan SBY juga akan berlangsung di berbagai daerah karena banyak organisasi mahasiswa, pelajar, pemuda, buruh dan LSM yang bergabung di GIB juga memiliki cabang di seluruh Indonesia,” Ton Abdillah menegaskan.

Beberapa isu yang akan diusung dalam aksi nanti antara lain:
-Gagal Melindungi Kedaulatan dan Ketahanan Ekonomi Nasional.
– SBY gagal melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, khususnya menyangkut perlindungan kekayaan alam dari eksplotasi dan penguasaan asing.
-Gagal melindungi industri kecil dan menengah yang menjadi penggerak sektor riel ekonomi nasional karena membebaskan produk-produk asing masuk Indonesia secara bebas lewat perjanjian dagang, tanpa mempertimbangan kapasitas daya saing industri nasional.
– Gagal mempertahankan penerimaan negara yg seharusnya untuk subsidi rakyat karena APBN terbebani Utang Luar Negeri yang besar (IMF, Bank Dunia).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s